Computer tutorial, autos and lifestyle

Breaking

Sunday, January 8, 2012

Modifikasi Power Supply Komputer

power supply
Dalam tulisan kali ini saya tertarik untuk membahas tentang modifikasi power supply komputer, mengapa? Karena saat ini terutama di Indonesia banyak sekali beredar power supply murahan yang tentu saja kualitasnya buruk dikarenakan menggunakan komponen dari china yang sudah pasti memiliki kualitas di bawah standard dan bukan tidak mungkin power supply yang buruk kualitasnya dapat mempengaruhi kinerja komputer (baca: lambat).

Banyak orang yang tidak terlalu memperdulikan tentang power supply yang dipakai pada komputer yang dimilikinya, karena kurangnya pengetahuan tentang hal ini. Sebuah power supply memegang peranan yang sangat besar terhadap kinerja sebuah komputer. Banyak orang yang berpendapat bahwa power supply yang harganya mahal sudah pasti memiliki kualitas yang baik. Tapi…… saya tidak terlalu setuju dengan hal tersebut karena bukan tidak mungkin power supply yang harganya mahal memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda dengan power supply murahan. :D (ironis) sudah membayar mahal, namun tetap mendapatkan kualitas yang biasa-biasa saja.
Sebenarnya kunci dari keawetan sebuah hardware komputer adalah berada pada power supply, apabila power supply yang kita gunakan memiliki stabilitas yang tinggi maka sudah tentu akan lebih baik lagi (awet) hal ini sudah saya buktikan sendiri dan memang saya perhatikan ada banyak teman dan saudara saya mengalami kerusakan hardware komputer terutama harddisk dikarenakan mereka menggunakan power supply yang kurang baik kualitasnya. Sebenarnya saya sendiri juga menggunakan power supply yang standar (biasa) namun ada sebuah hal yang mempengaruhi power supply milik saya yang membuatnya berbeda dari power supply standar yang beredar di pasaran.

Apa itu?...............Sebenarnya saya tidak banyak melakukan perubahan atau modifikasi pada power supply standar yang saya gunakan pada komputer yang saya gunakan saat ini, saya hanya memperbaiki tingkat kestabilan arus listrik yang ada pada rangkaian power supply tersebut.

Bagaimana meningkatkan kestabilan arus listrik pada power supply? Hal ini mungkin terdengar aneh bagi orang awam dan tidak terlalu memperdulikan hal ini. Tapi sebenarnya ini sangat penting, yaitu dengan mengganti kapasitor yang digunakan pada rangkaian power supply komputer dengan kapasitor yang memiliki kualitas yang lebih baik. Mengapa harus diganti? Mungkin pertanyaan ini terlintas dibenak anda, saya juga pernah berfikir seperti itu dan jawabannya adalah karena hampir seluruh power supply standar yang berasal dari china dan Taiwan memiliki atau menggunakan kapasitor yang memiliki kualitas yang sangat jelek dan dibawah dari standar yang ada.

Coba anda bayangkan apabila seseorang diberikan makanan yang sedikit jumlahnya namun di paksa bekerja berat sama halnya seperti orang yang diberi makan yang cukup. Tentu saja ini tidak akan seimbang, input haruslah lebih besar daripada output. Itulah kunci dari keberhasilan overclocking, kecepatan prososesing dan umur dari sebuah hardware komputer. Pada tulisan yang selanjutnya saya akan mencoba memberikan anda panduan untuk memodifikasi power supply standar yang dipakai pada komputer anda dan tentu saja hal tersebut dapat anda lakukan sendiri di rumah, sabar ya….. karena saya sedang mengumpulkan foto dan materi yang diperlukan agar panduan yang nanti saya buat akan dapat jelas dan mudah untuk dipahami oleh anda. ^_^

salam saya JIMMY

2 comments:

Anonymous said...

kk cepetan kasih petunjuknya!

Jimmyjin said...

coba baca artikel modifikasi power supply komputer (recapping), nanti akan saya buat lg tulisan lebih lanjut yang berkaitan dengan hal modifikasi power supply komputer.
sabar ya :)

Tags