memperbaiki monitor lcd yang rusak (untuk pemula)

terkadang lcd monitor yg kita gunakan sering rusak, baik itu mati total, blank, atau gambar yang acak-acakan.
sebenarnya ini bukanlah masalah besar apabila lcd monitor kita masih dalam keadaan garansi dari distributor, ya tinggal kita klaim saja ke toko tempat kita membeli.
tapi lain halnya kalau lcd monitor kita sudah lewat dari masa garansi dari distributor, pasti membuat kita pusing  karena harus membeli lcd monitor yang baru, sudah pasti harganya mahal.
tapi kalau anda tidak punya uang tetapi punya waktu luang, dan mau mencoba sesuatu yang baru kita bisa saja mencoba memperbaiki lcd monitor milik kita sendiri.
perhatian!: dalam melakukan tips-tips dibawah ini anda membutuhkan setidaknya sedikit pengetahuan dalam bidang elektronika dan pastikan bahwa lcd monitor anda sudah tidak dalam masa garansi lagi, karena merusak segel garansi akan membatalkan garansi terhadap lcd monitor anda.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki lcd monitor kita:

Lcd monitor dengan adaptor ac eksternal
contoh gambar lcd dengan eksternal ac adaptor
  1. apabila lcd monitor anda menggunakan aca adaptor eksternal, maka periksa apakah lampu indikatornya hidup atau tidak, hal ini untuk memastikan bahwa kerusakan berasal dari eksternal atau internal dari lcd itu sendiri. jadi apabila kerusakan hanya terjadi pada adaptor eksternal saja, kita tidak perlu membongkar lc monitor kita.
  2. jika hidup pastikan kabel dalam keadaan baik, atau tidak terputus, untuk memastikan apakah arus listrik sampai pada ujung konektror kabel, gunakan multitester atau lampu 12 volt untuk memeriksanya. jika tegangan listrik ada maka pastikan tegangan listriknya sesuai dengan yang label informasi adaptor yg tertempel pada bagian body adaptor, contohnya: output DC 12v --1000 mA.
Lcd monitor dengan internal ac adaptor
contoh gambar lcd dengan internal ac adaptor
  1. periksa apakah konektor lcd kita dalam kondisi baik, hal ini untuk memastikan sumber kelistrikan dan dan kabel vga ke komputer terpasang dengan baik dan benar. dan bukan tidak mungkin lcd monitor anda mati hanya karena kabel AC listrik, atau kabel data vga rusak atau bahkan terputus.
  2. apabila semua kabel dalam keadaan baik, maka kita dapat mulai dengan membuka casing lcd monitor, untuk beberapa lcd monitor ada yang menggunakan sekerup, atau kanya menggunakan sistem pengait saja untuk menahan casing lcd monitor tersebut.
langkah-langkah berikut ini berlaku untuk kedua jenis lcd monitor diatas.
 
  • Setelah membuka casing lcd akan terlihat beberapa komponen utama lcd tersebut
gambaran umum bagian-bagian monitor lcd

  • apabila lcd monitor kita mati total coba perhatikan apakah keadaan kapasitor pada rangkaian regulator dalam keadaan baik (5), tidak bocor, menggembung, segel plastiknya tidak mengerut. 
contoh gambar regulator lcd
  • Jika memang ada yg rusak, maka ganti kapasitor tersebut. saat mengganti kapasitor tersebut, pastikan agar ukurannya sama dengan kapasitor yang lama dan jangan lupa perhatikan kutub positif dan negatif dari kapasitor tersebut, sehingga kita tidak akan salah dalam memasangnya.
contoh kerusakan pada komponen kapasitor
  • perhatikan apakah ada bagian dari papan rangkaian lcd ada yg terbakar atau hangus. jika ya, maka cek apakah ada jalur yang terputus karenanya. sambungkan kembali jalur yg putus tersebut. hal tersebut biasanya terjadi karena rusaknya komponen elektronika yg terdapat di papan tersebut, contohnya: ic atau transistor.
  • jika hal tersebut telah kita lakukan tetapi lcd monitor tersebut masih saja tetap tidak mau hidup, maka kita perlu memperhatikan komponen-komponen yang lain dan hal ini tentunya membutuhkan skil elektronika tingkat lanjut. cobalah periksa apakah transistor, ic regulator atau inverter dalam keadaan baik, dengan cara mengecek tegangan listrik yang dihasilkannya. (dalam hal ini tidak saya paparkan secara detail karena dalam artikel ini hanya membahas perbaikan yang ringan dan khusus untuk pemula saja).
bagian-bagian lcd monitor
  • apabila kerusakan monitor berupa blank, namun keadaan lampu power lcd tetep menyala, berarti kita perlu memeriksa keadaan konektor mainboard lcd (2), apakah rusak, korosi atau bahkan putus. biasanya lcd blank terjadi karena kurang baiknya konektifitas kabel mainboard lcd. coba bersihkan kabel fleksibel yang terdapat di mainboard lcd (7). 
 
  • biasanya kerusakan lcd yg ringan terjadi diakibatkan karena kualitas kabel fleksibel yang menghubungkan antar board yang terdapat di dalam lcd, jadi periksa kembali semua konektror yang terdapat di dalam lcd. pastikan kesemuanya terhubung dengan baik.
Catatan:
  • tips perbaikan lcd ini hanya berlaku untuk kerusakan-kerusakan ringan saja, tidak termasuk layar lcd yang pecah, retak atau sebagainya. 
  • saya (penulis) sudah memperaktekkan tips ini terlebih dahulu dan ini adalah hasil dari percobaan yg dilakukan saya sebelumnya, walaupun tips ini tidak 100% menjamin dapat memperbaiki lcd monitor anda.
  • berhati-hatilah saaat membongkar lcd, karena bukan tidak mungkin anda dapat tersengat aliran listrik yang tinggi.
terima kasih, semoga artikel ini dapat membantu anda.
salam saya JIMMY

Related Post

Post a Comment