Computer tutorial, autos and lifestyle

Breaking

Tuesday, January 3, 2012

Asus P5GC-MX hang saat booting OS

ASUS P5GC-MX1333
Dalam artikel kali ini saya akan mencoba membagikan pengalamn yang pernah saya alami pada mainboard Asus P5GC-MX, hal ini terjadi ketika saya menerima sebuah servisan dari pelanggan komputer saya. Kata si pemilik, komputer yang ia pakai mengalami hang dan tidak mau masuk ke OS (gagal booting OS) namun ketika saya coba mainboard tersebut dalam keadaan baik-baik saja tanpa ada masalah pada saat booting dan mau masuk ke menu BIOS dan semua perangkat saya lihat baik-baik saja tanpa adanya cacat fisik.
Kemudian saya coba untuk melakukan instalasi sistem operasi kebetulan disini saya install Wi*XP professional SP2, ketika proses copy file semuanya berjalan lancar dan proses tersebut berjalan mulus 100% tanpa hambatan.
Kemudian menuju ke proses setup windo*s yaitu proses dimana mainboard tidak lagi booting melalui CD-ROM namun melalui harddisk, disinilah masalah mulai muncul. logo WINDO*S yang tampil sebelum menu setup muncul tiba-tiba hang dan tidak mau bergerak sama sekali, saya coba untuk reset mainboard namun hal tersebut terjadi berulang kali hingga membuat kesal :@.

Ilustrasi saat hang
Saya putuskan untuk mencoba mencari tahu apakah yang menjadi masalah dari mainboard ini, dari upaya Clear CMOS, mengganti RAM, membersihkan mainboard, bahkan saya sampai melakukan upgrade BIOS yang sebelumnya saya unduh dari situs resmi ASUS, hal ini saya lakukan karena saya pikir mungkin BIOS pada mainboard ini mengalami corrupt atau rusak. Tapi hal ini juga tidak membuahkan hasil, mainboard tetap saja hang saat booting sistem operasi. Aduh mengapa lagi ini pikir saya…T_T’.
Kemudian setelah saya beristirahat sejenak (frustasi karena belum mendapat jawaban) sambil ngopi dan merokok, timbullah ide saya untuk mencoba menonaktifkan beberapa perangkat yang ada pada mainboard tersebut (Onboard LAN, Onboard Sound Card, USB controller) semua perangkat tersebut saya matikan (disable) dengan menggunakan fitur yang ada pada BIOS,semua saya disable kecuali Onboard VGA.

Disable peripheral onboard
Setelah itu saya coba jalankan kembali proses setup yang tadi saya lakukan sebelumnya…. Dan ternyata proses setup berjalan lancar dan berhasil hingga selesai. ternyata setelah saya coba mengaktifkan Onboard Sound Card dan USB controller, komputer tetap bisa booting dan berhasil menjalankan sistem operasi dengan baik, namun pada saat saya mencoba mengaktifkan (enable) Onboard LAN yang berada pada mainboard tersebut ternyata komputer tidak mau booting ke system operasi dan mengalami hang seperti sebelumnya. Oh berarti Onboard LAN yang ada pada mainboard ini rusak dan hal ini mengganggu proses booting sehingga tidak mau masuk ke sistem operasi. Saya putuskan untuk menonaktifkan Onboard LAN dan menggantinya dengan PCI LAN Card eksternal, dan selesailah tugas saya kali ini. ^_^

SUCCESS!!! ^_^
Jadi sebagai pengalaman bagi anda sebelum memutuskan untuk mengganti sebuah mainboard cobalah untuk memeriksanya terlebih dahulu agar pada akhirnya anda dapat menekan biaya yang perlu anda keluarkan untuk memperbaiki sebuah komputer, seperti contoh diatas: Apabila saya memutuskan untuk mengganti mainboard yang rusak dengan yang baru maka tentu saja biaya yang dibutuhkan akan sangatlah mahal, coba bandingkan bila anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk membeli sebuah PCI LAN Card, tentunya akan lebih murah bukan. Namun bila anda memiliki kelebihan dalam hal finansial dan tidak ingin terlalu banyak mangembil resiko, maka membeli hardware yang baru adalah solusi yang lebih tepat bagi anda. saya memberi saran dan andalah yang memutuskan.
Semoga pengalaman apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi anda sebagai sebuah pembelajaran ^_^
Salam saya JIMMY

1 comment:

Anonymous said...

thanks gan..... sangat bermanfaat... pertamaxxxx.......

Tags